Small Crossover-SUV Di Bawah Rp 300 Juta Jadi Kiat Baru Untuk Gairahkan Pasar Otomotif di Indonesia

jbkderry – Pagebluk Covid-19 sudah memasuki tahun kedua di Indonesia, ketika narasi ini dibuat Selasa 11 Mei 2021.

Sebuah momen yang tentu sangat tidak menyenangkan banyak pihak, termasuk di sektor industri otomotif di Indonesia yang berdasarkan informasi dari Gaikindo mengalami penurunan nyaris 50% di tahun 2020 lalu.

Tapi hidup dan semangat tentu harus berlanjut, gak boleh nyerah kalah dengan keadaan.

Dan eureka, di tahun 2021 industri otomotif sepertinya menemukan sebuat kiat baru untuk geliatkan kembali antusiasme pasar dan konsumen, melalui lahirnya segmen baru yang sebutlah dari sudut pandang media kelas secangkir kopi ini bernama small crossover-SUV dengan rentang harga di bawah Rp 300 juta.

Pemainnya ada 4 (empat) setidaknya saat ini, yaitu Kia Sonet, Nissan Magnite, serta duo terbaru yang diluncurkan Mei 2021 ini adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Ya, segmen SUV di dunia memang tengah digandrungi di dunia termasuk di Indonesia saat ini. Berdasarkan data di situs Statistica pada 29 April 2020, ada sekitar 200 juta unit SUV yang beredar di dunia saat ini. Lalu khusus di tahun 2019 lalu saja, ada sekitar 27 juta unit SUV yang ludes terjual di seluruh dunia.

Nah, kembali ke dalam negeri alias Indonesia. Sudah bukan rahasia lagi, jika pangsa pasar alias kemampuan daya beli terbesar di negeri ini adalah segmen harga di bawah Rp 300 juta. Kesuksesan Honda Brio menjungkalkan Toyota Avanza sebagai mobil terlaris pada tahun 2020 lalu juga menunjukkan sebuah hal jika konsumen pembeli mobil baru tidak lagi terpaku pada minat beli mobil keluarga alias MPV 7-seater, namun bisa bergeser ke sebuah segmen baru.

Dan itulah yang jadi topik pembahasan menarik kali ini, karena dua dari 4 model small crossover-SUV yang dibahas kali ini hingga Mei 2021 dapat insentif bebas PPnBM 100%, jadi menarik banget kalau ingin dibeli.

Duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Ya, small crossover-SUV itu adalah hasil kolaborasi terbaru dari Toyota dan Daihatsu yang dikembangkan dengan skema platform baru yang bernama Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Sederhananya, dengan skema platform baru DNGA, baik Toyota dan Daihatsu tidak lagi pelit berbagi manfaat kepada konsumennya di segmen entry-level. Bahkan, berdasarkan penulusuran di jagat, baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky terhitung sangat royal memanjakan potensial konsumennya, mulai dari desain crossover-SUV yang aduhai, asupan mesin 1,0L 3-silinder turbo dengan dudukan engine mounting yang minim getaran, layout kabin yang lega dan menarik untuk dilihat, hingga suplai fitur yang memanjakan seperti keberadaan Toyota Safety Sense (TSS) di Raize tipe tertinggi.

Tidak heran jika Toyota Indonesia berharap kesuksesan penjualan Raize sebagai mobil terlaris di Jepang pada tahun 2020 lalu juga akan terjadi di Indonesia.

Ada delapan varian atau tipe Raize yang ditawarkan Toyota di Indonesia, dengan dukungan mesin 3-silinder 1,0L Turbo, sementara versi mesin 1,2L yang dipakai di Toyota Calya kabarnya akan meluncur di semester kedua 2021.

Sementara Daihatsu Rocky berdasarkan informasi di situs resmi Daihatsu Indonesia diperkenalkan dalam 4 varian atau tipe.

Nissan Magnite

Magnite juga dibekali mesin 3-silinder 1,0L Turbo sama halnya dengan duo rivalnya di atas, namun berdasarkan data teknis dari masing-masing pabrikan di situs resminya; output tenaga dan torsi maksimal Nissan Magnite lebih unggul.

Magnite memang bisa disebut salah satu kiat terbaru Nissan untuk bangkit kembali di industri otomotif Indonesia, apalagi harga varian tertingginya pun masih di Toyota Raize.

Di situs resmi Nissan Indonesia, Magnite hadir dalam 3 pilihan tipe, dimana tipe tertinggi juga sama kedua rivalnya di atas menggunakan sistem transmisi CVT.

Kia Sonet

Di bawah bendera authorized-distributor baru PT Kreta Indo Artha, Kia jualan cukup agresif terutama melalui rival ketiga model kendaraan di atas yaitu Sonet.

Saking cukup bagusnya penjualan Sonet versi 5-seater, PT KIA pun beberapa waktu lalu menghadirkan Sonet versi 7-seater (atau tepatnya 5 plus 2).

Buat yang ingin mencicipi citarasa small crossover-SUV buatan Korea Selatan, khususnya bagi penggemar K-Pop dan drakor, Kia Sonet bisa menjadi awal mula perjalanan.

Kia Sonet dibekali mesin bensin 1,5L 4-silinder dan berdasarkan informasi di situs Kia Indonesia ada 7 (tujuh) varian atau tipe yang ditawarkan.

Hmm, itu saja dulu narasi otomotif kelas secangkir kopi kali ini, semoga ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s